TIPS

Tips Merawat Kucing Kesayangan

Nita Indrawati Arifin | Minggu, 30 November 2014 - 22:06:15 WIB | dibaca: 8260 pembaca

Lolo baru saja turun dari ‘panggung’ kontes. Ia tampak sedikit gelisah saat akan kembali dimasukkan ke dalam kandang. Siang itu, matahari tampak lebih garang dari biasanya. Tubuh Lolo yang gemuk dengan bulu panjang dan lebat nampak kegerahan. Ini merupakan pengalaman pertama bagi Lolo, si Persia jantan nan pemalu itu, megikuti ajang kontes kucing. Ia diikutsertakan pemiliknya, Hari, pada Kontes Kucing yang diadakan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Padangpanjang dalam rangka Bulan Bhakti Kesehatan Hewan, bulan Oktober  lalu.

Dalam gendongan Hari, Lolo tampak nyaman dan manja. Pelan-pelan, Lolo dimasukkan kembali kedalam kandang peserta kontes. Ada sekitar 20 kandang berjejer. Masing-masingnya dihuni kucing-kucing lucu yang dibawa pemiliknya dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Di antara kucing-kucing tersebut, ada yang nampak senang bermain dengan pengunjung, namun ada juga yang hanya diam saat beberapa pengunjung mencoba menggoda, dengan mengulurkan jemari dari balik jeruji, untuk mencolek kucing-kucing yang menggemaskan itu.

Begitu juga Lolo, menurut Hari, kucingnya yang berusia 1,5 tahun itu tergolong pemalu dan butuh waktu lama untuk bersosialisasi. Untuk itulah Hari mengikutkan Lolo dalam acara yang baru pertama kali diadakan di Sumbar ini, agar kucingnya dapat belajar bersosialisasi, baik dengan manusia maupun dengan sesamanya.

“Bagi para pecinta kucing, acara seperti ini sangat bagus untuk diikuti. Selain meramaikan dan untuk cari pengalaman, ini menjadi ajang bagi pemilik kucing untuk mengajarkan kucing mereka bersosialisasi. Dan tentu saja, manfaat bagi si pemilik kucing adalah mereka jadi dapat ilmu pengetahuan tentang cara merawat kucing dengan baik”, ujar lelaki berusia 25 tahun ini.

Hari menceritakan, dulu ia pernah punya kucing Persia betina. Kucing yang diberi nama Nuna itu pernah dua kali mengandung. Dari kehamilan pertama, Nuna melahirkan tujuh ekor anak. Namun sayang, pada kehamilan kedua, kondisi Nuna menurun. Melalui operasi sesar, ia hanya berhasil melahirkan tiga ekor anak, sementara dua ekor lagi mati dalam kandungan. Dua hari pasca operasi, Nuna meninggal.

Menurut drh. Yosep dari Laras Satwa Padangpanjang, resiko kehamilan pada kucing bisa jadi disebabkan faktor kebiasaan si kucing serta cara si pemilik merawat kucing mereka. Kucing yang tergolong pasif akan memiliki resiko melahirkan lebih tinggi dibandingkan kucing yang lebih aktif bergerak. Dokter Hewan yang menjadi salah satu juri pada kontes kucing beberapa waktu lalu ini juga mengatakan, kebiasaan pemilik kucing mengurung kucing di dalam kandang juga akan berakibat buruk pada sistem gerak dan otot si kucing. Hal ini juga menjadi faktor tingginya resiko keguguran pada kucing betina, baik ras maupun lokal.

Berikut pemaparan drh. Yosep tentang cara merawat kucing kesayangan agar tetap sehat dan lincah.

1. Makanan Kucing

Kucing merupakan hewan karnivora asli. Untuk itu, berilah kucing makanan yang berasal dari daging, seperti daging ikan yang direbus. Sebab, makanan yang berasal dari tumbuhan tidak akan dapat dicerna dengan baik. Kucing yang diberi makanan dari tumbuhan seperti nasi ataupun sayuran, biasanya kotoran yang dihasilkan akan lebih berbau dibandingkan kucing yang hanya memakan makanan dari daging. Untuk jenis makanan kering, biasanya bisa tahan 24 jam. Sementara itu, untuk makanan basah hanya dapat bertahan selama 2 jam. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makanan kucing adalah kandungan gizi harus seimbang, serta untuk makanan berupa daging harus dimasak terlebih dahulu.

2. Area Bermain

Kucing merupakan hewan yang suka bermain. Ia membutuhkan area bermain yang cukup luas untuk melatih otot-otot dan alat geraknya. Membiasakan kucing berdiam dalam kurungan akan berdampak pada rusaknya alat gerak dan otot-otot kucing. Untuk itu, biarkan mereka bebas bermain di area terbuka dan mengikuti naluri ‘berpetualang’ dan berburu mereka.

3. Kesehatan

Kucing peliharaan mesti diberi vaksinasi untuk menghindarkannya dari ancaman berbagai virus dan penyakit. Pada usia 2 bulan, kucing sudah boleh divaksinasi. Sekali dalam setahun kucing juga perlu diberikan suntik rabies, serta minum obat cacing tiga bulan sekali. Sesekali juga perlu dilakukan cek kesehatan ke klinik hewan, untuk memastikan kucing peliharaan tidak terserang penyakit baik yang disebabkan parasit, cacingan, maupun virus dan bakteri.

4. Kebersihan

Kebersihan kucing peliharaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dua minggu sekali, kucing perlu dimandikan untuk mencegah parasit seperti kutu tumbuh di tubuhnya. Untuk kucing ras dengan bulu lebat dan panjang, sebanyak dua kali sehari bulu mereka perlu disisir agar tidak kusut.

Perlu juga diperhatikan, tambah drh. Yosep, kebersihan si pemilik kucing sendiri. Setelah membelai dan memanjakan si kucing, dianjurkan mencuci tangan dengan sabun. “Menjaga kebersihan diri sendiri dan kucing kesayangan, keduanya penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran,” ujarnya. (Yeni/padangmedia.com)

 

 










Komentar Via Website : 294
Cara Menyembuhkan Kelenjar Getah Bening Di Leher
22 Januari 2016 - 14:41:08 WIB
Kunjungan Sore nih admin, ok infonya, hehe
http://goo.gl/3pO0dn
Obat Penghilang Keloid Bekas Luka Bakar
22 Januari 2016 - 14:50:58 WIB
infonyakeren abis http://goo.gl/3t1zfI
Obat Penyempitan Tulang Punggung Tradisional
22 Januari 2016 - 14:59:45 WIB
izin berkunjung dan comment di website ini http://goo.gl/E99R9q
Pengobatan Syaraf Kejepit Di Punggung Paling Ampuh
29 Januari 2016 - 11:50:52 WIB
Thanks admin sudah berbagi info yang menarik dan semoga bermanfaat.
Pengobatan Syaraf Kejepit Di Leher Paling Ampuh
30 Januari 2016 - 10:53:44 WIB
Thanks sudah memposting berita semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Keputihan
30 Januari 2016 - 15:01:54 WIB
Terima kasih admin sudah memposting berita semoga bermanfaat.
Obat Tradisional Syaraf Kejepit Di Tulang Ekor
01 Februari 2016 - 08:46:50 WIB
Terima kasih sudah menyajikan berita yang menarik, semoga bermanfaat.
Obat Syaraf Kejepit Di Punggung Paling Ampuh
02 Februari 2016 - 11:00:13 WIB
Thanks admin untuk beritanya.
Obat Benjolan Di Leher Paling Mujarab
25 Februari 2016 - 15:52:53 WIB
Senang bisa berkunjung kehalaman anda untuk memperbaharui berita dan saya tunggu ya berita terbarunya.
Pengobatan Benjolan Di Dalam Payudara Paling Efektif
15 Maret 2016 - 14:57:04 WIB
Muantappp juragan beritanya. | http://goo.gl/k57kKh |


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)