KESEHATAN

Kolostrum, Susu Yang Penting Untuk Kekebalan

Harkam Tujantri | Selasa, 08 Juli 2014 - 15:23:47 WIB | dibaca: 1293 pembaca

Pada saat lahir, sistem kekebalan tubuh anak kucing (manusia atau hewan mamalia lain) belum berkembang dengan sempurna. Kucing yang baru lahir sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Bila terserang penyakit sedikit saja, kemungkinan besar anak kucing tersebut akan mati. Untungnya alam telah menyediakan solusinya, memberikan perlindungan terhadap anak yang baru lahir melalui Kolostrum.

Kolostrum adalah susu yang pertama keluar (selama 24 Jam)  dari puting  susu induk setelah melahirkan anaknya. Kolostrum ini kental, berwarna putih tetapi lebih bening susu biasanya. Dalam Kolostrum terdapat protein antibodi, vitamin, elektrolit dan nutrisi dalam konsentrasi tinggi. Setelah 24 kolostrum tidak diproduksi lagi.

Anak kucing menyerap molekul antibodi  dari kolostrum melalui dinding usus dan masuk ke peredaran darah. Sistem pencernaan kucing yang baru lahir belum berfungsi sempurna, oleh karena itu molekul antibodi masuk begitu saja ke dalam peredaran darah. 24 jam setelah lahir, sistem pencernaan anak kucing mulai berkembang dan memecah setiap makanan menjadi  molekul yang lebih kecil.

Antibodi adalah protein dengan molekul yang berukuran besar. Bila molekul tersebut dipecah di pencernaan, fungsinya sebagai zat kekebalan tubuh akan hilang. Oleh karena itu meskipun induk kucing terus memproduksi kolostrum setelah 24 jam pasca kelahiran, antibodi yang masuk ke pencernaan anak akan di pecah dan fungsinya sebagai antibodi akan hilang.

Jadi, segera susu-kan anak kucing yang baru lahir kepada induknya, agar mendapatkan antibodi melalui kolostrum. Baru kemudian kita tambah kekebalan tubuh anak kucing dengan vaksinasi pertama pada umur 2 bulan (9 minggu).

Sebaliknya antibodi yang terdapat dalam kolostrum malah bisa menjadi pembunuh anak kucing. Hal ini berhubungan dengan perbedaan golongan darah anak kucing dengan induknya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di artikel Fading Kitten Syndrome.

Kekuatan Dan Masa Perlindungan Antibodi Dari Kolostrum
Jumlah antibodi dalam kolostrum  berhubungan dengan jumlah antibodi dalam darah induk (menunjukkan kekuatan kekebalan induknya). Semakin banyak jumlah antibodi dalam darah induk semakin banyak pula yang terdapat dalam kolostrum.

Vaksinasi rutin dapat menjaga kekebalan induk pada tingkat yang cukup untuk melindunginya dari penyakit. Sebelum dikawinkan, pastikan calon induk kucing telah divaksinasi rutin. Jangan vaksinasi kucing yang sedang bunting karena berbahaya bagi anak kucing yang berada dalam rahim.

Antibodi dalam kolostrum disebut juga antibodi maternal. Antibodi maternal yang terdapat dalam darah anak kucing jumlahnya kan berkurang sedikit demi sedikit. Penurunan ini terjadi pada minggu ke 6-8. Pada umur 9 minggu  sebaiknya anak kucing divaksinasi agar mempunyai kekebalan aktif, mengingat kekebalan maternal dari induknya sudah banyak berkurang. Vaksinasi sebaiknya diulang 1 bulan kemudian agar jumlah antibodi yang terbentuk cukup memadai. Setelah itu baru diulang setiap tahun.

Pastikan anak kucing mendapatkan susu dari induknya selama 48 jam pertama. Jangan lupa vaksinasi sesuai aturan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. (drh. Neno WS) **kucingkita.com










    Komentar Via Website : 23
    Haryo
    07 Desember 2016 - 05:59:18 WIB
    Salam kenal bos... Website ini bagus sekali
    http://seohandal.com/Jasa-SEO/ | http://goo.gl/6ibZSn | Jasa SEO Profesional http://goo.gl/TtTWqX
    Sullip
    10 Desember 2016 - 17:16:31 WIB
    David
    09 Mei 2017 - 23:41:22 WIB
    Terimakasih atas informasi yang sudah di berikan, semoga bermanfaat Min
    www.rumahkayujepara.co.id
    www.furniturejepara.co .id
    Hpai
    17 Mei 2017 - 00:45:54 WIB
    Hpai Indonesia fokus kepada kualitas yang berlandaskan pada prinsip dasar nya yaitu Alamiah,Ilmiah dan Ilahiah
    www.agenhpai.my.id/
    Poppy
    05 Juli 2017 - 06:54:54 WIB
    Obat Kista Duktus Tiroglosus
    10 Juli 2017 - 09:12:15 WIB
    Selamat pagi, cerah banget, nyaman pagi" berkunung kesini baca informasi.. https://goo.gl/ifjSaV
    https://goo.gl/Ypbvab || https://goo.gl/jpPKTY
    Nino
    29 Juli 2017 - 21:45:09 WIB
    Nengbo
    17 September 2017 - 21:28:28 WIB
    VIMAX BANDUNG
    10 Oktober 2017 - 07:22:50 WIB
    AwalKembali 123 Lanjut Akhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)